Daftar negara yang rajin pakai WiFi selama pandemi corona

Opensignal hadirkan analisis terkait perubahan perilaku pengguna seluler dan pengalaman jaringan yang terjadi selama krisis pandemi corona atau Covid-19 berlangsung. 

Opensignal hadirkan analisis terkait perubahan perilaku pengguna seluler dan pengalaman jaringan yang terjadi selama krisis pandemi corona atau Covid-19 berlangsung. 

Saat ini dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19 dengan serangkaian tantangan di sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi. Opensignal telah mengumumkan analisisnya terkait perubahan perilaku pengguna seluler dan pengalaman jaringan yang terjadi selama krisis pandemi Covid-19 berlangsung. 

Diharapkan analisis ini bisa membantu para operator seluler, regulator telekomunikasi, dan pemerintah untuk mempersiapkan serta menanggapi tantangan yang ada dikarenakan kehadiran virus tersebut. Diketahui Opensignal telah mengamati peningkatan Time on Wifi (waktu penggunaan Wifi) di beberapa negara. 

Di Asia, Opensignal melihat persentase waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke jaringan Wifi meningkat di Hong Kong. Namun ini terjadi beberapa minggu sebelum adanya perubahan signifikan di sebagian besar wilayah Asia lainnya. Untuk Filipina terdapat lonjakan terhadap Time on Wifi dari minggu ke minggu pada minggu ketiga bulan Maret, yang dimulai pada 16 Maret saat pulau utama negara tersebut sedang dalam masa karantina. 

Berbeda dengan banyak negara lain, Opensignal tidak mendeteksi peningkatan signifikan di Indonesia antara minggu ke-2 Januari dan Minggu ke-3 Maret. Sama halnya juga di Singapura dan Jepang. 

Selain Filipina, negara lainnya yang juga mengalami peningkatan siginifikan pada minggu ketiga bulan Maret, termasuk Malaysia dan Australia. Namun di Korea, terdapat penurunan Time on Wifi dikarenakan berkurangnya kekhawatiran masyarakat setempat untuk sementara ini. Di Eropa terdapat peningkatan yang besar terhadap persentase waktu yang dihabiskan pengguna smartphone untuk terhubung ke jaringan Wifi pada minggu ketiga Maret. 

Hingga kini lonjakan tertinggi dari minggu ke minggu tercatat oleh pengguna di Spanyol. Hal ini dikarenakan lockdown seminggu penuh pertama bagi Spanyol, dimana negara tersebut juga dinyatakan sebagai negara kedua terparah di Eropa yang dilanda wabah COVID-19. Di Italia perubahan ini terjadi lebih awal, dengan peningkatan yang sudah dimulai pada minggu terakhir bulan Februari

Sementara di Amerika Utara, terjadi peningkatan signifikan dalam persentase waktu yang dihabiskan pengguna smartphone untuk terhubung ke jaringan Wifi pada minggu ketiga Maret, dimulai pada 16 Maret, dengan perubahan terbesar yang terjadi di Kanada. Untuk Amerika Selatan, terdapat peningkatan persentase waktu yang dihabiskan pengguna smartphone untuk terhubung ke jaringan Wifi. Pengguna di Argentina, Brazil, dan Peru diketahui telah menghabiskan Time on Wifi lebih banyak pada minggu ketiga Maret, dimulai pada 16 Maret. Peru juga dianggap mengalami peningkatan dari minggu ke minggu yang terbesar. 

Leave a Reply