Dampak Corona Stok Darah Menipis, Pengguna Diminta Siapkan Pengganti

DENPASAR – fajarbali.com | Bagi masyarakat yang akan menggunakan darah milik Palang Merah Indonesia (PMI), diminta menyediakan pendonor pengganti untuk mengisi kembali persediaan darah. Ini diterapkan PMI Provinsi Bali, mengingat persediaan darah semakin menipis. Sejak mewabahnya Covid-19, jumlah ke

Ia mengaku mengalami penurunan yang sangat drastis antara 70 sampai 80 persen. “Pembatalan ini dari tempat-tempat yang berencana adakan donor darah. Selain karena pembatalan kegiatan donor, menipisnya persediaan darah karena pendonor menghindari datang ke rumah sakit,” terangnya.
Menyiasati hal tersebut, Eko mengatakan bahwa pihaknya memusatkan kegiatan donor di gerai donor di Markas PMI Provinsi Bali, Jl. Imam Bonjol, No.182, Denpasar. Ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang sudah waktunya berdonor, atau berdonor untuk keluarganya, dipersilakan donor di sini (Markas PMI Bali). Kegiatan di sini sudah berlangsung selama seminggu, ungkapnya.
Pada awal dibukanya gerai di markas PMI, ia mengatakan pendonor sangat minim. Namun seiring sosialisasi yang dilakukan melalui berbagai media, pendonor mulai ramai berdatangan. Dalam sehari, jumlah pendonor mencapai 30 orang.
Dalam pelaksanaan donor darah di Markas, tetap menjaga jarak fisik antar pendonor lainnya. Para pendonor juga diberikan sejumlah masker mulut dan vitamin setelah melakukan donor.
Ia mengimbau, bagi masyarakat yang ingin berdonor, gerai ini buka setiap hari sejak pukul 09.30 wita hingga 16.30 wita. Kami mendorong masyarakat untuk tetap berdonor, dari gerai kami atau mengadakan di tempat masing-masing dengan catatan menjaga jarak, pungkasnya.
(dar).

Leave a Reply