Guru Besar Bidang Kesehatan UGM Ajak Masyarakat Kreatif dalam Pencegahan Covid-19

Peran semua masyarakat terutama para promotor kesehatan sangat penting dalam upaya penanganan Covid-19.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna
TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami peningkatan.
Guru besar bidang kesehatan dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM , Prof RA Yayi Suryo Prabandari mengatakan peran semua masyarakat terutama para promotor kesehatan sangat penting dalam upaya penanganan Covid-19.
“Saat ini masjid-masjid di kampung banyak yang sudah tidak dipakai salat. Saya dengar itu halo-halonya (mikrofon) banyak yang dipakai untuk menyebarluaskan pengumuman (edukasi tentang Covid-19). Jadi saat ini kita semua harus kreatif,” ujar Yayi dalam seminar daring yang diselenggarakan FK-KMK UGM , Rabu (1/4/2020).
Yayi menjelaskan, di masa pandemi ini informasi terkait Covid-19 sangat banyak berseliweran.

Sebagian di antaranya tidak sedikit yang berupa hoaks.
Hal ini menimbulkan kebingungan dan kepanikan masyarakat.
Dia pun mengimbau para promotor kesehatan bertindak mengatasi permasalahan ini, di antaranya dengan menyampaikan kampanye pesan daring yang akurat.
Promotor kesehatan dapat berasal dari masyarakat yang memiliki latar belakang ilmu kesehatan maupun masyarakat umum yang sudah dilatih.
“Informasi yang akurat bisa didapat dari sumber-sumber resmi. Misalnya, Kemenkes atau universitas-universitas, baik yang memiliki fakultas kesehatan maupun tidak. Sebab, badan resmi tersebut biasanya sudah menyaring informasi yang ada,” tutur Yayi.

Penulis: Maruti Asmaul Husna

Editor: Gaya Lufityanti

Leave a Reply