5 Pasien Covid-19 di Sidoarjo Meninggal Dunia, 8 orang Sembuh

Saat ini ada lima pasien meninggal dunia. Dua di antaranya meninggal dengan status positif corona, sementara tiga lainnya meninggal dalam status

SURYA.co.id | SIDOARJO – Penyebaran covid-19 di Sidoarjo semakin meluas. Jumlah pasien yang terkena virus corona ini juga semakin hari semakin banyak.
Hingga saat ini, terhitung ada lima pasien meninggal dunia. Dua di antaranya meninggal dengan status positif corona, sementara tiga lainnya meninggal dalam status PDP (Pasien Dalam Pengawasan).
“Data yang dilaporkan hanya dua. Karena data sembuh dan meninggal itu cuma merujuk pada pasien positif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Syaf Satriawarman, Jumat (3/4/2020).
Di Sidoarjo tercatat juga sudah ada delapan orang pasien sembuh. Namun, semua tidak masuk dalam data lantaran delapan orang itu sebelumnya berstatus PDP.
“Sekarang ini juga sudah ada pasien positif yang kondisinya sangat baik. Semoga satu atau dua hari lagi bisa dipastikan benar-benar sembuh,” sebutnya.
Di sisi lain, jumlah pasien positif di Sidoarjo terus meningkat. Sehari ini tambah tiga orang, total menjadi 14 orang positif Covid-19. Jumlah PDP juga meningkat menjadi 72 orang. Demikian halnya ODP, angkanya sudah mencapai 233 orang.
Tidak semua PDP menjalani perawatan di rumah sakit. Terdata sekarang ini ada 25 orang yang dirawat di lima RS rujukan pasien Covid-19 di Sidoarjo. Sisanya menjalani karantina di rumahnya masing-masing.
“Mereka diawasi petugas kesehatan, dipantau petugas kepolisian, TNI, dan Satpol PP. Kebutuhan makanan disuplai oleh Dinas Sosial,” ungkap Syaf.
Melihat pertumbuhan penyebaran covid-19, diprediksi puncaknya bakal terjadi pada 10-15 April mendatang. Ketika itu, jumlah PDP diperkirakan lebih dari 150 orang.
Hal itulah yang menjadi alasan Pemkab Sidoarjo terus berusaha menambah ruang perawatan atau tempat isolasi pasien Covid-19.

Penulis: M Taufik

Editor: Eben Haezer Panca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *