Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Siap Bantu Produksi Ventilator untuk Pasien Covid-19

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia menyebut tengah melakukan persiapan untuk membantu pemerintah dalam penanganan pasien terinfeksi virus corona

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Wabah penyakit Covid-19 membuat seluruh elemen masyarakat bahu-membahu untuk memerangi musuh bersama yang bersumber dari virus tersebut.
Upaya untuk membantu pemerintah dalam memerangi Covid-19 juga dilakukan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI).
Seperti dilansir dari Kompas.com, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI) menyebut tengah melakukan persiapan untuk membantu pemerintah, dalam penanganan pasien terinfeksi virus corona atau covid-19, melalui produksi komponen alat medis ventilator .
Sekretaris Jenderal (Sekjen) AISI Hari Budianto menyatakan, untuk bisa produksi komponen yang dibutuhkan pada alat bantu pernapasan itu, tidaklah sulit.

Hanya saja, pihak asosiasi belum mendapat arahan lebih lanjut.
“Peran untuk memproduksi ventilator itu porsinya sudah diambil oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). Saat ini, mereka sedang bicarakan bersama Kementerian Perindustrian, akademisi (terkait pendidikan dan penelitian), serta supplier. Tapi, kita dari AISI akan tetap support,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/4/2020).
“Dukungan kita adalah dalam hal supply chain. Sampai sekarang ini belum memproduksi, tapi kita bersiap jika nantinya diperlukan,” lanjut Budi.

Maka, bila nanti dalam perjalanan produksi ventilator produsen memerlukan pasokkan selang, motor listrik, dan lain sebagainya, AISI siap beri bantuan.
“Misalkan untuk memproduksi ventilator produsen butuh motor listrik atau pasokkan selang, kita akan bantu. AISI siap support, termasuk di vendor-vendor kita,” ujar Budi.
Imbauan produsen otomotif untuk memproduksi ventilator telah diungkapkan Kementerian Perindustrian ( Kemenperin), supaya pemberantasan virus corona di Indonesia semakin optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *