Balikpapan Siapkan Asrama Haji Batakan Tampung Petugas Medis & ODP Corona

Pemerintah Kota Balikpapan sudah dua kali menyurat kepada Dirjen PenyelenggaraanHaji agar diizinkan menggunakan asrama Haji Batakan – Nusantara – Okezone News

BALIKPAPAN – Kementerian Agama (Kemenag) mengizinkan Embarkasi Haji, Batakan Balikpapan digunakan mendukung penanganan Covid-19, yakni khusus Orang Dalam Pengawasan (ODP) maupun petugas medis.

Pemerintah Kota Balikpapan sudah dua kali menyurat kepada Dirjen PenyelenggaraanHaji agar diizinkan menggunakan asrama Haji Batakan.

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan Alfi Taufik mengatakan berdasarkan surat Dirjen Penyelenggaraan Haji Umrah (DPHU) bahwa pemkot Balikpapan diperkenankannya menggunakan Embarkasi Haji Batakan untuk tempat isolasi. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak pengelola embarkasi dan nantinya akan disiapkan 4 asrama ruang solasi termasuk memanfaatkan hotel Zam-Zam sekelas fasilitas bintang 3.

“Setelah kami koordinasi ada 4 asrama yang bisa dipakai dengan jumlah tempat tidurnya 144 orang. Yang kedua ada 1 hotel setingkat dengan bintang 3 yaitu hotel Zamzam yaitu diperuntukkan untuk tim medis dengan dua lantai semuanya 29 kamar, di satu kamar itu ada 2 orang, berarti kalikan 2,” Terang Alfi Taufik.
 
Atas kesediaan Kemenag mengabulkan permohonan ini, Pemkot Balikpapan sudah melakukan persiapan bersama dengan UPT Embarkasi dan dalam waktu dekat akan meninjau lokasi tersebut.

“Sehingga dalam waktu dekat bisa kita manfaatkan untuk kepentingan bagi pasien ODP atau bisa kita lihat pada tingkat PDP. Saya kira kita bersyukur punya tempat besar ada fasilitas baru di gedung Zam-Zam seperti hotel. Nanti kita manfaatkan untuk apakah perawat atau dokter. Jadi ada beberapa blok yang akan kita gunakan dan kita lakukan peninjauan mana saja yang bisa kita manfaatkan,” jelas Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Balikpapan juga menyiapkan guest house untuk mengantisipasi ODP yang rawan statusnya menjadi Pasien Dalam Pengawasan (OPD). Sebab, memiliki kontak erat dengan pasien positif corona.
(Ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *