Dua Warga Kendari Positif Corona Tertular dari Keluarga

Suami-istri warga Kendari, Sulawesi Tenggara, dinyatakan positif corona setelah berinteraksi dengan kerabatnya yang lebih dulu dinyatakan positif.

Kendari, CNN Indonesia — Jumlah warga positif  virus corona (Covid-19) di  Sulawesi Tenggara bertambah sehingga total menjadi lima orang, per 3 April 2020. Dari lima kasus tersebut, dua orang adalah kasus baru. Data dari Gugus Tugas Covid-19 Sultra menyebut dua kasus baru itu adalah suami-istri warga Kendari. Mereka punya hubungan kekerabatan dengan tiga kasus sebelumnya yang dinyatakan positif usai menjalani ibadah umrah.
“Mereka betul adalah kerabat (punya riwayat kontak satu sama lain),” kata juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Kendari Algazali Amirullah  kepada CNNIndonesia.com , Jumat (3/4).

Algazali menambahkan dua pasien baru itu sedang diisolasi di Rumah Sakit Umum Bahteramas Kendari. Kondisinya sehat. Dinas Kesehatan Kota Kendari tengah melacak riwayat kontak dua pasien baru ini. Sebab, tidak menutup kemungkinan mereka sudah kontak dengan warga atau kerabatnya yang lain. “Ini yang lagi dikerjakan oleh tim sementara men- tracking perjalanan atau riwayat kontak mereka,” tuturnya. Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyebut, kasus terbaru ini membuat semua pihak harus waspada, menghindari kontak langsung, menjaga jarak, pola hidup sehat. Revisi Data Jumlah lima kasus positif corona di Sulawesi Tenggara merupakan revisi terhadap paparan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. Yurianto sebelumnya menyatakan ada enam kasus positif di Sultra. Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra La Ode Rabiul Awal mengklarifikasi paparan itu. Dia bilang seharusnya jumlah kasus yang terkonfirmasi hari ini hanya lima orang. “K.243 dan K.1876 adalah orang yang sama. Sehingga di portal Covid Nasional terinput 6, padahal seharusnya 5 kasus konfirmasi positif. Kami sudah klarifikasi langsung ke Posko Nasional,” kata Rabiul Awal melalui pesan Whatsapp  ke CNNIndonesia.com .
Rabiul juga membenarkan lima kasus di Sultra terdiri dari tiga kasus lama dan dua kasus baru. Dari tiga orang kasus lama, satu dinyatakan sembuh berdasarkan pemeriksaan swab. Sementara dua orang lainnya sementara dirawat di ruang isolasi RSU Bahteramas karena setelah tes swab masih positif corona. (pnd/wis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *