Aksi Gerakan Sanitasi Lingkungan Nasional Poltekkes Kemenkes Bengkulu Cegah Covid-19

BENGKULU, newsikal.com – Covid-19 atau Corona Virus Diseases 19 sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat saat ini. Virus yang cukup membahayakan ini berasal dari Kota Wuhan Cina yang sampai saat ini terus menyebar ke seluruh dunia dengan cepat. Badan kesehatan dunia WHO menetapkan penyakit ini sebagai pandemi, karena seluruh warga dunia berpotensi terkena …

BENGKULU, newsikal.com – Covid-19 atau Corona Virus Diseases 19 sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat saat ini. Virus yang cukup membahayakan ini berasal dari Kota Wuhan Cina yang sampai saat ini terus menyebar ke seluruh dunia dengan cepat.
Badan kesehatan dunia WHO menetapkan penyakit ini sebagai pandemi, karena seluruh warga dunia berpotensi terkena infeksi penyakit COVID-19. Benda merupakan media yang bisa menjadi cara penularan yang pasif. Sebab, menurut penelitian, virus corona COVID-19 dapat bertahan hidup hingga tiga hari dengan menempel pada permukaan benda.

Dengan menempelnya virus tersebut di permukaan benda yang sering terjamah, otomatis virus tersebut dapat berpindah dan menemukan inang baru apabila orang lain menyentuh benda tersebut.
Untuk menyikapi persoalan ini, HAKLI, IMKLI, dan HMJ Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu melakukan kegiatan berupa penyemprotan disinfeksi yang dilakukan di Mesjid Poltekkes Kemenkes Bengkulu, dan beberapa mesjid yang ada di sekitar Poltekkes Kemenkes Bengkulu, dari tanggal 29-30 Maret 2020.
Seperti yang disampaikan, Ketua Jurusan Kesling Ooltekkes Kemenkes Bengkulu yang juga Wakil Ketua HAKLI Provinsi Bengkulu, Jubaidi, SKM, M.Kes, dalam aksi GSLN ini juga dilakukan bagi-bagi sembako, hand sanitizer, dan masker serta penempelan poster yang dilakukan di sekitaran Kota Bengkulu, pada (3/04/2020).
“Kami bersyukur, kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat, karena dinilai bisa membantu upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dan juga dapat melindungi masyarakat terpapar virus yang mematikan ini,” ujarnya.
Ia mengharapkan, dengan kegiatan ini semoga masyarakat Kota Bengkulu bisa menjaga diri dari kemungkinan terpapar virus Covid-19, dan permasalahan ini dapat berakhir dalam waktu dekat. (kay/red)

Leave a Reply