Berdiam Diri di Rumah Karena Wabah Corona Bisa Bikin Stres? Simak 8 Tips Berikut Untuk Mengatasinya

Berdiam diri di rumah selama wabah Corona bisa membuat seseorang merasa jenuh yang berujung pada stres. Tak ingin hal itu sampai terjadi? Simak beberapa tips berikut untuk mengatasinya.

#dirumahsaja

Berdiam diri di rumah selama wabah Corona bisa membuat seseorang merasa jenuh yang berujung pada stres. Tak ingin hal itu sampai terjadi? Simak beberapa tips berikut untuk mengatasinya.

Tim WowKeren

Apr 4, 2020

WowKeren –
Demi meminimalisir penyebaran virus Corona, setiap orang dianjurkan untuk melakukan karantina mandiri di kediamannya masing-masing. Berdiam diri di rumah tentu bukan hal yang mudah dilakukan, terutama bagi mereka yang terbiasa menghabiskan waktunya di luar.

Rasa bosan pasti muncul dengan mudahnya. Jika tidak segera ditangani, rasa bosan yang berlebihan bisa memicu timbulnya stres. Dan jika terus dibiarkan, stres dapat mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Alhasil, sistem imunnya menurun yang membuatnya lebih rentan terserang virus.

Kamu pasti tidak mau hal itu terjadi kan? Tenang, sebab ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres saat di rumah aja karena menjalani karantina mandiri. Apa sajakah itu? Berikut informasi lengkapnya.
(wk/eval)

1. Konsumsi Makanan Kesukaan dan Terapkan Pola Makan Sehat

Mengkonsumsi makanan kesukaan menjadi salah satu sumber kebahagiaan seseorang. Karena itulah dengan memakan makanan favorit, kemungkinan terhindar dari stres akan jauh lebih besar. Selain makanan favorit, beberapa makanan ini juga terbukti ampuh bikin mood balik lagi, sehingga bisa kalian konsumsi untuk menghilangkan stres.

Akan lebih baik lagi jika kalian memasak sendiri makanan tersebut. Karena selain dapat mengatur rasanya, kalian juga bisa lebih memperhatikan kandungan vitamin dan kebersihan makanan tersebut. Namun jika kamu memutuskan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan memanfaatkan layanan antar, sebaiknya simak beberapa tips ini agar terhindar dari penyebaran virus Corona.

2. Olahraga Ringan

Meskipun kamu hanya di rumah saja, sebaiknya jangan lewatkan untuk berolahraga. Pasalnya aktivitas fisik dapat membantu meredakan stres dan menenangkan pikiran. Dengan begitu tak hanya pikiran yang sehat, namun tubuh juga akan tetap bugar.

Meski terbatas, faktanya ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di dalam rumah. Di antaranya adalah push up dan sit up, senam aerobik, yoga dan masih banyak lagi.

3. Melakukan Hobi

Setiap orang pasti memiliki hobi atau kegiatan yang disukai. Karena itu jika kalian merasa bosan karena berdiam diri di rumah, tak ada salahnya untuk melakukan hobi sebagai cara mengatasi stres. Tentunya hobi yang dimaksud di sini adalah kegiatan yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Misalnya kalian bisa memasak, membaca, melukis, membuat karya seni dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan energi positif karena merasa gembira saat melakukan sesuatu yang memang kalian sukai. Sehingga dijamin deh perasaan stres dan bosan akan menghilang begitu saja.

4. Jalin Komunikasi dengan Orang Terdekat

Mengisolasi diri bukan berarti kamu harus memutus hubungan dengan semua orang. Kamu tetap bisa kok melakukan kontak dan menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat, entah itu keluarga, pasangan maupun sahabat. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari stres dan rasa bosan saat berdiam di rumah aja.

Kamu bisa berbincang untuk membahas berbagai hal menarik dengan keluarga yang tinggal serumah. Selain itu, kamu juga bisa menjalin komunikasi dengan kekasih, sahabat maupun kerabat dengan melakukan chatting, telepon bahkan video call. Maksimalkan teknologi yang ada untuk saling memberi kabar atau sekedar bertukar cerita tentang kegiatan apa saja yang kalian lakukan selama di rumah.

5. Lakukan Aktivitas Harian Seperti Biasa

Seorang psikolog bernama Dr. Lucy Atcheson mengatakan bahwa melewatkan kebiasaan sehari-hari yang biasa dilakukan bisa menimbulkan masalah. Karena itulah sebaiknya tetap lakukan aktivitas harian seperti biasa. Jadi untuk mengatasi bosan dan mencegah stres, kalian bisa membuat daftar kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan selama berada di rumah saja.

Ada banyak sekali aktivitas harian yang bisa kalian lakukan meski berdiam di rumah saja. Mulai dari bersih-bersih rumah, mencuci baju, menyapu, memasak dan masih banyak lagi. Aktivitas kalian akan lebih terarah jika diatur sesuai dengan jadwal. Dengan begitu, kalian tidak akan mudah bosan yang bisa berujung pada stres.

6. Menikmati Hiburan

Meski hanya berdiam di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati hiburan. Ada banyak jenis hiburan yang bisa dinikmati selama berada di rumah. Seperti bermain game, menonton film, membaca buku, mendengarkan musik dan sebagainya. Dengan menikmati hiburan, sesederhana apapun itu, pikiran stres akan perlahan menghilang.

Simak artikel ini untuk mengetahui rekomendasi film Korea bergenre komedi romantis yang bisa kamu saksikan selama berada di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui rekomendasi game seru yang ampuh usir rasa bosan selama berdiam di rumah.

7. Jangan Terlalu Sering Berpikir Negatif dan Batasi Baca Berita

Dr. Luct Atcheson menjelaskan bahwa salah satu dampak buruk dari isolasi diri adalah kita akan memiliki terlalu banyak waktu untuk memikirkan hidup. Saat berpikir, tidak jarang kita akan lebih banyak memikirkan hal-hal buruk. Padahal jika kita terlalu sering berpikir negatif, stres akan muncul dengan mudahnya.

Selain itu, sebaiknya batasi dirimu untuk membaca berita terutama dari media sosial. Mental yang tengah lelah karena isolasi mandiri bisa menurun dengan mudah. Dan terlalu banyak membaca berita, khususnya berita buruk, akan membawa dampak buruk juga untuk kamu. Situasi ini akan semakin buruk jika berita yang kamu baca merupakan berita hoax. Karena itu, sebaiknya pintar-pintarlah dalam memilih sumber berita yang terpercaya.

8. Nikmati Keindahan Alam dari dalam Rumah

Jika kamu terbiasa menikmati keindahan alam pegunungan maupun pantai, kamu pasti akan merasa bosan saat di rumah aja. Sebagai gantinya, kamu tetap bisa menikmati pemandangan sekitar rumah melalui jendela.

Dengan membuka jendela, kamu akan membiarkan udara segar masuk ke dalam rumah. Kamu juga bisa menyaksikan langit biru yang luas, burung-burung, bintang dan bulan di malam hari. Dengan menikmati keindahan alam yang sederhana ini, pikiranmu dijamin akan lebih tenang dan stres bisa pergi menjauh.

Demikian delapan tips mengatasi stres dan bosan saat berdiam diri di rumah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai ide kegiatan seru yang bisa dilakukan orangtua dan anak selama di rumah. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui ide camilan lezat yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *