‘Jangan Lempar Batu, Kita Juga Manusia, Bu!’ Beginilah Cerita Pilu Petugas Medis yang Makamkan Jenazah Pasien Corona

Saat petugas medis di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), hendak memakamkan jenazah pasien Covid-19, jalan menuju lokasi pemakaman diblokade warga dengan menggunakan batang kayu dan batu.

(KOMPAS.COM/A. FAIZAL)

Potongan video Bupati Sidoarjo ikut makamkam korban Covid-19 Kamis (26/3/2020) pagi.

Intisari-Online.com – Penanganan pasien corona memang tak mudah, namun penanganan jenazah korban meninggal corona lebih tak mudah lagi. Beberapa jenazah korban corona bahkan mendapat penolakan warga saat akan dimakamkan. Saat petugas medis di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), hendak memakamkan jenazah pasien Covid-19, jalan menuju lokasi pemakaman diblokade warga dengan menggunakan batang kayu dan batu. Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Macanda, Kelurahan Samata, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada pukul 14.30 WITA, Kamis, (2/4/2020).

Tak hanya itu, warga juga mengusir paksa ambulans yang membawa pasien yang hendak dimakamkan di wilayah Kelurahan Samata. “Kami dengan keras menolak wilayah kami dijadikan lahan pemakaman pasien corona dan kami sampaikan kepada pemerintah bahwa Anda keliru sebab Kecamatan Sombaopu adalah wilayah dengan populasi warga terbesar di Kabupaten Gowa,” kata Imran, salah seorang warga. Dilempari batu oleh warga Sementara itu, para petugas medis di Banyumas, Jawa Tengah, juga sempat dilempari batu saat akan memakamkan jenazah korban corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *