Keindahan Danau Seokcho di Korsel Saat Wabah Corona, Sakura Mekar tapi Sepi

Pemerintah Kota Seoul memutuskan untuk menutup sementara taman di sekitar danau

Kawasan di sekitar Danau Seokcho, Korea Selatan, tidak ramai seperti biasanya. Suasana benar-benar-benar sepi di tengah wabah virus corona atau COVID-19. Padahal, danau ini setiap tahunnya saat musim semi tiba menjadi salah satu tempat favorit warga Seoul dan para wisatawan untuk menikmati sore sambil duduk di bawah pohon sakura dengan latar danau dan gedung-gedung.
Pemerintah Kota Seoul memutuskan untuk menutup sementara taman di sekitar danau untuk mencegah berkumpulnya orang dalam jumlah banyak, demi menghentikan penyebaran virus corona.
Saya kira akan berfoto sebentar di sini sebelum pulang, namun kelihatannya semua jalan menuju danau dan taman ditutup, kata Nantian, salah seorang pelajar di Korea yang berasal dari Thailand kepada
acehkini
, Jumat (4/4/2020).
Menurut Nantian, berfoto di bawah bunga sakura adalah impiannya sejak dulu ketika ingin melanjutkan pendidikan di Korea Selatan. Namun keinginan itu harus belum dapat diwujudkan sekarang. Semoga semuanya akan membaik dan saya juga bisa menikmati bunga, katanya.
Amatan acehkini, sepanjang pagar yang ada di sisi luar taman Danau Seokcho terpasang spanduk permintaan maaf, bahwa danau harus ditutup sementara waktu. Musim semi di Korea memang dimanfaatkan oleh warga untuk berpiknik bersama keluarga dan teman sambil melihat mekarnya bunga.
Mekarnya bunga sakura di sekitar Danau Seokcho selalu dinantikan setiap tahunnya. Banyak acara digelar untuk menghibur warga yang datang menikmati bunga. Danau ini dibagi menjadi dua area yang terpisah oleh jembatan. Tak jauh dari jembatan bagian barat danau terdapat taman bermain Lotte World Magic Island. Sedangkan di sebelah timurnya terdapat Lotte Tower yang menjadi salah satu bangunan tertinggi di Asia berserta mall besarnya.
Tak hanya itu, ada beragam kafe cantik yang berada di sekitar danau. Beberapa di antaranya bahkan menjadi tempat syuting drama yang terkenal. Sehingga tak heran, banyak anak muda yang senang menghabiskan waktu sengangnya. Belum lagi pemandangan saat bunga mekar di sini sangat indah dan romantis.
Pemerintah Korea Selatan untuk sementara membatalkan berbagai festival dan meminta warganya untuk tidak berkumpul di keramaian. Pemerintah meminta warganya untuk menahan diri pada musim semi kali ini. Hal ini dilakukan untuk upaya mencegah penyebaran COVID-19.
Warga melakukannya dengan baik, mereka hanya lewat sejenak mengeluarkan kamera dan mengambil foto dari jauh, lalu pergi melanjutkan aktifitas lainnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *