Mobil Ambulans Siaga dari Pertamina Dimanfaatkan Warga dalam Tanggap Darurat Covid-19

Satu dari 18 unit ambulans bantuan dari PT Pertamina (Persero) MOR V Jatim Bali Nusa Tenggara, menunjukkan manfaatnya di masa darurat Covid-19

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Satu dari 18 unit ambulans bantuan dari PT Pertamina (Persero) MOR V Jatim Bali Nusa Tenggara, menunjukkan manfaatnya di masa darurat Covid 19 ini.
Yaitu mobil ambulans yang diberikan untuk Desa Tiremenggal, Kec Dukun, Kab. Gresik, Jawa Timur.
Salah satu tim Relawan Gugus Tugas (RGT) yang dibentuk Pemkab Gresik untuk Desa Tiremenggal, Arif, menyampaikan, keberadaan mobil ambulans siaga yang diberikan Pertamina kepada Desa Tiremenggal sangat besar manfaatnya.
“Untuk mobilisasi pasien yang perlu dirujuk ke Rumah Sakit yang lebih besar, mencari kebutuhan Alat Kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) dalam rangka wabah COVID-19, serta untuk sosialisasi keliling desa dengan menggunakan pengeras suara,” jelas Arif.
Tim RGT memanfaatkan Mobil ambulans Siaga dari Pertamina ini untuk semua layanan ini.
Termasuk warga yang memerlukan bisa dengan menginformasikan ke perangkat desa yang penggunaannya difasilitasi.
Kepala Desa Tiremenggal, Toshikin juga menyampaikan, bantuan Mobil ambulans Siaga dari Pertamina ini tanpa disangka ternyata saat ini sangat besar perannya dalam rangka pencegahan penyebaeran wabah COVID-19.
“Kami dari Pemerintah Desa dan masyarakat merasa sangat terbantu. Masyarakat tidak perlu repot mencari kendaraan ketika ada warga sakit yang dikhawatirkan terkait dengan gejala COVID-19, jam berapapun siap untuk kami antar ke RS rujukan,” kata Toshikin.
Sampai dengan Jumat (3/4/2020), tercatat empat warga Gresik positif Corona. Satu orang meninggal, dan tiga orang dalam perawatan. Pemkab Gresik telah menerbitkan SK Relawan Gugus Tugas (RGT) COVID-19 sampai ke Desa atau Kelurahan, sejak 19 Maret 2020 lalu.
Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina MOR V , Rustam Aji menyampaikan, pemanfaatan Mobil ambulans selama Tanggap Darurat Pencegahan Penyebaran wabah COVID-19 diharapkan dapat dioptimalkan untuk membantu tugas para tenaga medis dan relawan yang ada di desa-desa dan kelurahan.
“Dengan tersedianya moda transportasi untuk mobilisasi pasien dan juga tenaga medis akan meningkatkan akses masyarakat menuju layanan kesehatan yang lebih layak dan secara psikologis akan mengurangi kekhawatiran di masyarakat apabila ada kondisi penanganan terkait gejala COVID-19 yang perlu dengan segera ditindaklanjuti,” kata Rustam.
Pertamina senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan manajemen bencana.
Selama tahun 2019 lalu, Pertamina melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR), Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus telah menyalurkan bantuan Mobil ambulans Siaga sebanyak 18 unit bagi masyarakat.
Dengan tujuan awal untuk membantu mengatasi wabah Demah Berdarah ketika itu.
CSR Bidang Kesehatan ini diberikan kepada beberapa pemerintah desa dan yayasan sosial kemasyarakatan yang tersebar di empat provinsi di wilayah operasi MOR V, yaitu meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. (*)

Penulis: Sri Handi Lestari

Editor: Titis Jati Permata

Leave a Reply