3 Cara untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Mencegah Virus Corona

Memperkuat sistem kekebalan atau imunitas tubuh juga perlu. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain olahraga, meditasi, manajemen tidur, dan manajemen

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA – Virus corona penyebab COVID-19 saat ini sedang menjadi ancaman masyarakat global, termasuk di Indonesia.
Menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh (imun) menjadi upaya pencegahan agak tidak tertular COVID-19 .
Pemerintah menganjurkan untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), mengikuti pedoman physical distancing atau mencuci tangan dengan benar, dan tinggal di rumah.

Terpapar Virus Corona, Satu Dokter di Korea Selatan Meninggal (Yonhap)

Tapi memperkuat sistem kekebalan atau imunitas tubuh juga perlu. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain olahraga, meditasi, manajemen tidur, dan manajemen stres.
Dilansir CNN Health (27/3/2020), aktivitas fisik dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru, mengurangi kemungkinan terkena flu, dan penyakit lainnya.
Olahraga

Ilustrasi olahraga push up (Vecteezy)

Pendiri Browningsfitness MaryAnn Browning menjelaskan olahraga juga mengurangi kadar hormon stres di tubuh, seperti hormon adrenalin dan kortisol. Kadar hormon stres yang lebih rendah dapat melindungi dari penyakit.
“(Olahraga) juga merangsang produksi endorfin, bahan kimia di otak yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami dan pengangkat suasana hati,” kata Browning.
Beberapa olahraga saat corona yang bisa dilakukan di rumah menurut rekomendasi Browning antara lain: Olahraga menggunakan satu set resistance band (alat untuk latihan kekuatan otot).
Ini dapat digunakan untuk punggung, bisep, trisep, bahu, dan kerja kaki. Untuk memperkuat otot glute dan mencegah cedera lutut serta punggung bisa menggunakan looped band atau pita melingkar yang mengelilingi betis/paha.

Editor: Rina Eviana

Leave a Reply