Dalgona Coffee, Minuman yang Ngetren di Tengah Pandemi Corona

Tak sedikit masyarakat yang penasaran dan mencoba untuk membuat dalgona coffee ini. #publisherstory

Setidaknya sejak satu minggu yang lalu, media sosial diramaikan dengan “Dalgona Coffee”. Tampilannya yang banyak beredar di media sosial membentuk dua layer yakni susu dan foam kopinya sendiri. Semacam kebalikan dari cappucino espresso. Jika espresso maka susu yang dijadikan foam. Namun ini terbalik justru kopilah yang menjadi foamnya.
“Itu cuma tinggal pakai kopi sama gula. Kasih air hangat dikit. Dikit aja jangan banyak-banyak,” kata Gaby, salah satu mahasiswa Jogja sembari memamerkan hasil dalgona coffee buatannya, Minggu (5/4/2020).
Rupanya-rupanya, minuman itu menjadi trend baru di tengah masyarakat saat ini. Di TikTok, Instagram, hingga YouTube, minuman ini masuk juga ke daftar kuliner paling dicari selama wabah corona. Kok bisa?
“Bikin sendiri gampang serius. Plus, itu efek gabut juga. Bisa apa deh di rumah selain rebahan makan yutuban (YouTube)? Usaha menyibukkan diri
kui
(itu),” sambungnya.
Angelina Vania ketularan juga dengan tren dalgona coffee. Remaja yang cukup aktif di sosial media itu juga merasa bisa dan hanya
scrolling
media sosial sepanjang hari. Hingga dia menemukan video yang banyak beredar di timeline sosial medianya dan ikutan membuat.
“Awalnya tahu dari TikTok. Kayaknya asik terus ikutan bikin juga,” ungkapnya.
Thanks to quarantine
. Memang belakangan ini muncul berbagai hobi baru akibat physical distancing dimana-mana. Tidak ada masyarakat ke luar rumah, bahkan ke cafe pun untuk membeli kopi rasanya sangat jarang. Masyarakat diminta berdiam diri di rumah untuk menekan penyebaran COVID-19. Lantas kebosanan melanda dan coba-coba aktivitas baru salah satunya menjajal resep simpel jadi pilihan.
Dalgona Coffee dan Kemiripan dengan Phenti Coffee
Rupanya minuman ini sebetulnya bukanlah kuliner yang baru-baru amat. Memang minuman itu cukup baru populer di Korea Selatan hingga akhirnya menyasar dan memenuhi hampir di semua media sosial. Dalgona coffee populer setelah pada sebuah acara TV di Korea pada Januari 2020.
Dari pemberitaan Spot, 20 Maret 2020, dalam acara TV Korea aktor Jung Il-Woo pergi ke Makau, lalu mencoba minuman tersebut. Dia memberinya julukan dalgona karena mirip dengan permen spons tradisional Korea.
Ternyata kulinee tersebut punya kemiripan dengan Phenti Coffee yang ada di india. Mereka menyebutnya juga sebagai kopi kocok karena memang cara membuatnya mirip yakni dengan memasukkan kopi, gula dan sedikit air lalu mengocoknya hingga membentuk foam.
Dipansir dari India Today, yang membedakan antara Phenti Coffee adalah Phenti Coffee mencampurkan susu kedalam campuran itu.
Tentunya itu membawa efek yang berbeda sebab yang telihat dari dalgona coffee menjadi Instagramable karena membentuk layer yang berbeda antara susu dengan foam kopi.
Sederhana dengan Nuansa Minuman Ala Cafe
Banyak cafe tutup begitu juga aktivitas ngopi-ngopi di luar jadi berkurang. Tak heran membuat kopi ala rumahan pun jadi pilihan. Hingga akhirnya muncullah “quarantine coffee challenge”.
Mengapa begitu sederhana? Tentu karena bahan oembuatnya yang hanya bahan mudah didapat tanpa perlu meninggalkan rumah atau setidaknya hanya membeli ke warung terdekat.
Cara membuatnya cukup dengan kopi, gula, susu, dan es dan sedikit kesabaran untuk mengaduk. Setidaknya butuh waktu bisa sekitar 5 menit untuk membuat foamnya sempurna. Takarannya pun harus pas. Tidak boleh terlalu sedikit air tapi juga tidak boleh kebanyakan. Terlalu banyak air malah menjadikannya encer.
Setelah dikocok, bahan yang disiapkan selanjutnya adalah menuangkan susu dan bisa ditambahkan es sesuai selera. Lalu sentuhan terakhir adalah foamnya yang diletakkan di atas susu.
Terlepas dari bertapa sederhananya cara membuat dalgona coffee, setidaknya ini bisa menjadi obat rindu penikmat kopi karena tidak bisa nongkrong di kedai.

Leave a Reply