Fokus Restrukturisasi APBD Kota Yogyakarta, Percepatan Penanganan Virus Corona dan Pemulihan Ekonomi

Fokus Restrukturisasi APBD Kota Yogyakarta, Percepatan Penanganan Virus Corona dan Pemulihan Ekonomi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan restrukturisasi terhadap Anggaran dan Belanja Daerah (APBD) 2020.
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan restrukturisasi APBD berkaitan dengan pemulihan ekonomi sosial.
“Sosial ekonomi masyrakat kan sedang tidak normal, karena transaksi turun, tidak ada transaksi sosial, tidak ada relasi sosial. Ini kan perlu pemulihan, baik secara sosial maupun ekonomi. Yang paling penting adalah untuk membangkitkan ekonomi ini,”katanya, Minggu (05/04/2020).
Ada beberapa hal yang saat ini tengah digodok, terutama untuk percepatan penanganan COVID-19 di Kota Yogyakarta, dan juga pemulihan sosial ekonomi Kota Yogyakarta.
Heroe menerangkan ada beberapa program dan kegiatan yang saat ini tengah dipilah. Program dan kegiatan yang menjadi prioritas adalah program dan kegiatan yang menyangkut kesehatan.

Program kedua adalah program fisik namun tidak menyangkut tentang pemulihan ekonomi dan sosial. Termasuk kunjungan kerja yang tidak bisa dilaksanakan.
“Program yang tidak ada kaitannya dengan pemulihan ekonomi sosial bisa kita cancel, bisa kita arahkan untuk pemulihan ekonomi dan sosial, termasuk untuk penanganan COVID-19 di Kota Yogyakarta,”terangnya.
“Ya ini kita sedang hitung dulu, termasuk DAK ini kita belum tahu, PAD kita juga turun, apalagi pajak hotel dan restoran, pasti banyak penurunan. Sekittar 30 hingga 50 perse pasti ada persoalan,”sambungnya. (Tribunjogja/Christi Mahatma Wardhani)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani

Editor: Hari Susmayanti

Leave a Reply