Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Virus Corona Tak Kuat Bertahan di Cuaca Panas Indonesia, Benarkah? Ini Jawaban Ahli dan WHO

Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, virus corona tak kuat bertahan di cuaca Indonesia yang cenderung panas.

Intisari-Online.com – Beberapa waktu lalu,  Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, virus corona tak kuat bertahan di cuaca Indonesia yang cenderung panas . “Dari hasil modelling kita yang ada, cuaca Indonesia , ekuator ini yang panas dan juga itu untuk Covid-19 ini enggak kuat,” kata Luhut dikutip dari Kompas.com pada Kamis (2/4/2020). Selain Menko Luhut, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati juga menyebutkan, kondisi cuaca atau iklim serta kondisi geografi kepulauan di Indonesia, relatif lebih rendah risikonya untuk berkembangnya wabah Covid-19.

“Indonesia yang terletak di sekitar garis khatulistiwa dengan suhu rata-rata berkisar antara 27 hingga 30 derajat celsius.” “Dan lkelembapan udara berkisar antara 70-95 persen.” “Dari kajian literatur sebenarnya merupakan lingkungan yang cenderung tidak ideal untuk outbreak Covid-19,” kata Dwikorita. Benarkah hal ini?

Leave a Reply