Pasien Positif Corona Usia 70 Tahun di Pinrang Sulsel Isolasi Mandiri di Rumah

Pinrang

Perempuan berusia 70 tahun yang positif
virus Corona
di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Se

Pinrang

Perempuan berusia 70 tahun yang positif
virus Corona
di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Hal itu lantaran pihak keluarga menolak orang tuanya diisolasi di rumah sakit rujukan COVID-19.
“Anaknya menolak orang tuanya untuk diisolasi di rumah sakit sehingga Tim Gugus penanganan COVID mengambil langkah untuk dilakukan isolasi mandiri di rumahnya sambil kita melakukan langkah persuasif agar pihak keluarga menerima untuk diisolasi di rumah sakit,” terang Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, Minggu(5/4/2020).
Ketua Gugus Penanganan COVID-19 Kabupaten Pinrang tersebut mengatakan isolasi mandiri bisa dilakukan untuk pasien yang tidak mengalami gejala, seperti demam, batuk, atau gejala lainnya. Ia pun meminta masyarakat tak menganggap penyakit ini sebagai aib.
“Penafsirannya janganlah dianggap sebagai aib, ini yang kita tekankan kepada masyarakat. Ini kita lakukan isolasi, katakanlah penutupan di wilayah sekitar supaya mengurangi orang yang masuk. Kita imbau agar masyarakat, tetangga, maupun pihak keluarga untuk menahan diri, berkunjung ke rumah pasien terkonfirmasi tersebut, selama masa isolasi mandiri dilakukan,” imbaunya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang Dyah Puspita Dewi mengatakan tetangga pasien positif Corona tersebut tidak perlu panic. Ia menegaskan virus Corona tidak menular melalui udara.
“(Menular) hanya melalui percikan air liur saat berbicara, sehingga menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dapat mengantisipasi penularan COVID-19,” terang Dyah.

Leave a Reply