Pemkab Wacanakan Tiket Objek Wisata Karanganyar Gratis, Usai Covid-19

KARANGANYAR – Tak dipungkiri, sektor pariwisata menjadi salah satu yang paling terdampak pandemi korona. Sebab itu, untuk menggairahkannya kembali, Dinas Pariwi

KARANGANYAR  – Tak dipungkiri, sektor pariwisata menjadi salah satu yang paling terdampak pandemi korona. Sebab itu, untuk menggairahkannya kembali, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar mewacanakan menggratiskan tiket objek wisata yang dikelola pemkab. Tentu saja itu dilakukan setelah korona amblas.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, saat ini, sebanyak delapan objek wisata milik pemkab tutup total. Itu guna memutus penyebaran Covid-19.

Depapan objek wisata tersebut yakni, Candi Sukuh, Candi Cetho, Pringgodani, Bumi Perkemahan Bukit Sekipan, Museum Manusia Purba Klaster Dayu, Tirta Pablengan, serta pendakian Gunung lawu.

“Justru di masa tanggap darurat ini, kami menyiapkan rencana recovery. Jangan terlena dengan masa pandemi sekarang ini dengan kebingungan mau berbuat apa untuk menggairahkan lagi pariwisata saat wabah usai,” bebernya belum lama ini.
Penutupan objek wisata, lanjut Titis, tak hanya berdampak bagi pengelola. Namun juga pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Selain itu, pemasukan ke kas daerah dari sektor pariwisata juga nol rupiah. 
Dampak lainnya, sudah ada hotel yang merumahkan 50 persen karyawannya. Sebab, okupansinya hanya enam kamar dari total 200 kamar yang tersedia. 
Kelesuan tersebut harus segera dicarikan solusinya setelah korona hilang. Di antaranya dengan menggratiskan tiket masuk seluruh objek wisata selama dua pekan. Harapannya, tingkat kunjangan wisatawan cepat terkerek. ( ryn/wa )

Leave a Reply