Peneliti: Mata Merah Bisa Jadi Gejala Covid-19, Waspadai Penularannya Melalui Air Mata

Mata merah bisa menjadi gejala Covid-19, peneliti juga mengingatkan virus ini bisa menyebar melalui air mata. Berikut informasinya.

KOMPAS.com – American Academy of Opthalmology (AAO) memperingatkan, mata merah muda bisa menjadi salah satu gejala infeksi virus corona .
Melansir dari Business Insider , peringatan itu muncul usai dua penelitian dan laporan anekdotal dari seorang perawat menyarankan mata merah muda adalah gejala yang diabaikan.
Sementara itu, para peneliti China baru-baru ini mengatakan bahwa Covid-19 dapat menyebabkan timbulnya mata berwarna merah muda. 
Selain itu, mereka juga mengatakan virus itu juga bisa menyebar melalui air mata.
Hasil penelitian
Melansir dari American Journal of Managed Care , penelitian yang diterbitkan oleh JAMA Opthalmology itu menganalisis data dari 38 pasien yang terinfeksi Covid-19 dari Provinsi Hubei, China.
Mereka menemukan 12 orang di antaranya memiliki kondisi mata merah (konjungtivitis).
Dari ke 12 pasien tak satupun mengalami penglihatan kabur. Pada dua pasien, virus corona hadir dalam cairan hidung dan mata.
“Beberapa pasien Covid-19 memiliki gejala okular, dan mungkin coronavirus baru hadir dalam sekresi konjungtiva pasien dengan COVID-19,” kata peneliti Dr. Liang Liang dari Departemen Ophthalmologi di Universitas China Three Gorges di Yichang dikutip dari WebMD.

Konjungtiva sendiri merupakan lapisan jaringan transparan dan tipis yang melapisi kelopak mata bagian dalam serta menutupi bagian putih mata.
Liang menyebut kemungkinan hal itu terjadi pada pasien virus corona yang telah mengalami pneumonia parah.

Leave a Reply