Timeline Ucapan Trump Sebelum dan Saat Wabah Virus Corona

Rangkaian ucapan Trump sebelum dan selama wabah virus corona berlangsung di AS.

WASHINGTON, D.C, KOMPAS.com Р Pada mulanya, Presiden AS Donald Trump mengatakan kalau dirinya menganggap ancaman wabah virus corona sebagai ancaman serius.
“Saya selalu menganggapnya sangat serius,” kata Trump pada 16 Maret lalu, “Tidak ada perbedaan kemarin dari hari-hari sebelumnya.”
Tak lama berselang, ketika virus corona menyerang Eropa dan AS, Trump mulai membandingkan jumlah kematian dari Covid-19 dengan kematian akibat Flu musiman.
“Flu di negara kita membunuh 25.000 orang menjadi 69.000 per tahun,” kata Trump pada 9 Februari seperti dilansir dari CBS News. Ucapannya saat itu dinilai telah menyepelekan angka kematian 15 orang di negaranya saat itu.
Akan tetapi, ucapan Trump berubah lagi pada 31 Maret. Dia berkata, “Ini (virus corona) bukan flu (musiman). Ini ganas,” kata Trump pada wartawan di Gedung Putih saat jumpa pers berita harian tentang virus corona.
Pada Februari, Trump juga memperkirakan angka kematian di AS akan menjadi nol setelah dilaporkan sebanyak 15 orang tewas akibat virus tersebut.
Kini, pemerintah AS sedang mempersiapkan negara mereka untuk ‘kemungkinan serius’ akan kematian 100 ribu orang atau mungkin lebih.
Berikut ini beberapa ucapan Presiden AS Donald Trump yang mengomentari kasus seputar virus corona sejak Januari 2020 disarikan dari CBS News .
Sekaligus banyak kasus yang dilaporkan di AS berdasarkan data resmi Universitas Johns Hopkins.

JANUARI
22 Januari 2020, 1 kasus infeksi virus corona dikonfirmasi positif.

Leave a Reply