Tindakan Nyata Bupati Sitaro Kampanyekan #dirumahaja Selama Pandemi Corona

Para pejabat pemerintah harus menjadi teladan untuk masyarakat, agar bersama-sama melakukan tindakan pencegahan virus corona

Pemimpin adalah teladan
. Begitu juga dengan seorang Bupati, akan menjadi contoh untuk masyarakatnya. Hal inilah yang ditunjukan Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen, selama pandemi virus corona.
Tak hanya imbauan yang diberikan, Bupati Sasingen juga mencontohkan bagaimana pola hidup sehat, dengan terus berolahraga dan rajin mencuci tangan. Selain itu, ajakan untuk #dirumahaja, juga dipraktekan oleh Sasingen.
Sasingen ingin menunjukan jika ajakan untuk tetap di rumah selama virus corona mengancam, juga dilakukan oleh dirinya tak hanya masyarakat umum.
“Pemerintah daerah terus mengoptimalkan semua kebijakan untuk mencegah agar virus ini tak masuk ke Sitaro. Pemerintah sudah pasti akan berupaya secara optimal menerapkan sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini, ujar Sasingen.
Sasingen mengaku, langkah-langkah preventif pemerintah daerah, akan mubazir apabila masyarakat tidak mendukung, sehingga para pejabat pemerintah juga harus menjadi teladan untuk masyarakat, agar bersama-sama melakukan tindakan pencegahan virus corona.
Jadi pada prinsipnya partisipasi masyarakat sangat penting agar penerapan semua kebijakan pencegahan Virus Corona ini terlaksana dengan baik, ucapnya.
Dan dari sejumlah kebijakan yang sudah diterapkan pemerintah, ada dua hal yang menjadi perhatian penting dari Sasingen dan juga dipraktekannya di rumah sendiri. Berikut ini, dua kebijakan yang terus dikampanyekan Bupati Sasingen;
Social Distancing
Menurut Bupati Sasingen,
social distancing
saat ini bukanlah untuk saling berjauhan. Tapi hal ini menjadi cara tepat mencegah penyebaran Virus Corona yang sudah semakin massif menyebar.
Makanya saya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Sitaro, masyarakat yang kukasih, agar tidak mengadakan pertemuan dalam jumlah yang besar. Hindari kerumunan, karena dengan begitu kita dapat memutus rantai penyebaran virus ini, ujarnya.
Pemkab Kepulauan Sitaro juga telah mengeluarkan surat edaran terkait Work From Home atau bekerja dari rumah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Kepada para ASN yang sesuai edaran wajib bekerja dari rumah diimbau agar hal itu benar-benar diterapkan.
Tak cuma itu, Sasingen juga mengimbau kepada seluruh masyarakat termasuk para ASN, untuk memanfaatkan waktu yang lebih banyak di rumah, dengan melakukan bersih-bersih rumah dan lingkungan sekitar rumah.
Pola Hidup Sehat dengan Rajin Cuci Tangan
Pola hidup sehat adalah instumen penting lainnya, yang menjadi atensi dari pemerintah daerah. Menjaga pola hidup sehat, dengan rajin mencuci tangan adalah salah satu cara yang dianjurkan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona ini.
Menurut Sasingen, masyarakat harus selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara rutin.
Dan kami pemerintah daerah telah menyediakan fasilitas cuci tangan yang sudah ditempatkan di fasilitas umum, seperti pasar. Saya berharap fasilitas cuci itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga masyarakat, ujarnya.
franky salindeho

Leave a Reply